Selasa, 20 Oktober 2020

Tips Mencegah Penyebaran Virus Corona

Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona

 

   Haloo darah muda! Hmm dalam rangka menyambut menjamurnya virus COVID-19 yang sedang trending belakangan ini, saya akan mencoba berbagi beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan mencegah terjangkitnya diri dari virus corona.    

    Penyakit virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru-baru ini ditemukan. Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus.
 
    Virus yang menyebabkan COVID-19 terutama ditransmisikan melalui droplet (percikan air liur) yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau mengembuskan nafas. Droplet ini terlalu berat dan tidak bisa bertahan di udara, sehingga dengan cepat jatuh dan menempel pada lantai atau permukaan lainnya.
 
    Anda dapat tertular saat menghirup udara yang mengandung virus jika Anda berada terlalu dekat dengan orang yang sudah terinfeksi COVID-19. Anda juga dapat tertular jika menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda.
 
    Lindungi diri Anda dan orang lain di sekitar Anda dengan mengetahui fakta-fakta terkait virus ini dan mengambil langkah pencegahan yang sesuai. Ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19:
1.    Cuci tangan Anda secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan      
       alkohol.
2.    Selalu jaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin.
3.    Kenakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan.
4.    Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut Anda.
5.    Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan atau tisu.
6.    Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan.
7.    Jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis.
8.    Telepon terlebih dahulu agar penyedia layanan kesehatan dapat segera mengarahkan Anda ke 
       fasilitas kesehatan yang tepat. Tindakan ini akan melindungi Anda serta mencegah penyebaran 
       virus dan infeksi lainnya.
 
Dan yang terakhir Ialah :
 
Masker
Masker dapat membantu mencegah penyebaran virus dari orang yang mengenakannya kepada orang lain. Mengenakan masker saja tidak cukup untuk melindungi diri dari COVID-19, sehingga harus dikombinasikan dengan pembatasan fisik dan kebersihan tangan. Ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.
 
    Ingat selalu, "Maskermu melindungi ku, juga melindungi mu". Jangan relakan orang yang ada cintai menjadi korban dari keegoisan diri karena malas hanya untuk sekedar menggunakan benda kecil sederhana yang bernama masker, OKE???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar